Sabtu, 24 Maret 2012

Hal Kecil Untuk BUMI

kerusakan yang semakin parah akibat pencemaran lingkungan mengajak kita untuk peduli lingkungan, tak hanya dengan menanam sejuta pohon untuk menunjukan bahwa kita peduli dengan lingkungan, tapi hal-hal kecil sekali pun yang kita lakukan untuk bumi pasti sangatlah berarti.
Akhirnya saya mulai menulis. Saya bukan orang yang punya peranan penting, saya hanyalah orang biasa-biasa saja, jadi tidak pernah berbuat muluk-muluk untuk bumi,tapi saya peduli, walau dengan hal-hal kecil.
Hal yang biasa saya lakukan dan saya percayai dapat menjaga kelangsungan bumi adalah mengurangi penggunaan tas plastik dan menghemat pemakaian listrik.
Untuk yang pertama adalah menghemat penggunaan tas plastik(tas kresek), maksudnya adalah berusaha meminimalisasi penggunaan tas plastik. Jadi setiap kali saya belanja lantas saya tidak selalu minta tas plastik, jika memungkinkan saya masukan tas atau saya bisa membawanya(mungkin dengan mengantonginya) saya tak akan minta tas plastik dari toko atau warung tersebut.

Tas plastik adalah bahan yang sulit terurai dengan tanah, bahkan tas plastik juga dapat mencemari air dan tanah, sedang penggunaan tas plastik sekarang ini sudah tidak bisa di hentikan lagi, karena itu saya adalah salah satu orang di bumi ini(saya meyakini saya tak sendiri) yang berusaha mengurangi konsumsi tas plastik. Saya juga menyimpan tas plastik yang kiranya masih bagus yang sewaktu – waktu masih bisa saya gunakan lagi.
Yang kedua adalah hemat listrik, saya biasa mematikan lampu kalau sekiranya sudah tidak di gunakan, seperti lampu dapur, kalau udah mulai jam8 malam biasanya saya mematikan lampu dapur, karena tak banyak kegiatan yang dilakukan di dapur setelah makan. Saya juga mematikan lampu kamar tidur saya. Dulu saya adalah orang yang tidak bias tidur dengan lampu yang tidak terang tapi kini saya selalu berusaha tidur dengan lampu redup, selain menghemat listrik juga baik bagi kesehatan.hehehe.

Itulah dua hal kecil yang saya lakukan untuk bumi, mari peduli, sekecil apapun kepedulian itu, pasti sangat berarti., jika banyak orang melakukan hal kecil, maka akan menghasilkan perubahan besar..Selamat hari lingkungan hidup….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar