Jumat, 04 Mei 2012

KKPI BAB 2 (MELAKUKAN ENTRY DATA DENGAN OCR)


A.Men- Setting Scanner dengan Mode OCR      
OCR (Optical Character Recognition). Teknologi untuk mengubah image suatu dokumen hasil scan menjadi bentuk teks (misalnya ke dalam kode ASCII),yang dapat diedit dengan aplikasi pengolah .
       Langkah- langkah men-setting scanner dengan program OCR:
1.       Klik start > program>scansoft omnipage pro 11.
2.       Tempatkan dokumen yang akan di-scan dengan posisi gokumen menghadap ke lensa dan diposisikan sudut kanan atas permukaan mesin scanner, pastikan bahwa mesin scanner dalam kondisi ‘on’.
3.       Klik menu Process- Process Setting
4.       Hilangkan tanda cek (v) dari: Automatically Proofread in OCR
5.       Klik OK

A.      Melakukan entry data dengan menggunakan optical character recognition
OCR (Optical Character Recognition). Teknologi untuk mengubah image suatu dokumen hasil scan menjadi bentuk teks (misalnya ke dalam kode ASCII), yang dapat diedit dengan aplikasi pengolah kata.

Ketika file laporan yang ada di desket rusak, sehingga tidak dapat diakses. Kita lupa menyimpannya di harddisk dan tidak punya backup data.

Untungnya kita sudah punya print out-nya dan ingin mengedit kembali karena laporan yang kita buat isinya belum lengkap dan ada beberapa hasil ketikan yang salah. Kita juga ingin laporan tersebut dalam bentuk disket, sehingga praktis membawanya dan mudah mempresentasikannya dengan klien.

Di bawah ini adalah cara untuk menampilkan program OCR:
1.Dengan program simple OCR
Klik start-program –simple OCR
Selain menggunakan software OCR bagi pengguna Office 2002(XP) ke atas dapat menggunakan aplikasi microsoft office document scanning. Untuk memulai menggunakannya pada OS Windown XP adalah klik start- all program- microsoft office tools- lalu pilih microsoft office document scanning.
2.Dengan program omnipage
-Hidupkan scanner
-Klik start > program >scansoft omnipage pro 11.0 > omnipage pro 11.0
-Tempatkan dokumen yang akan di-scan dengan posisi dokumen menghadap ke lensa dan diposisikan  sudut kanan atas permukaan mesin scanner, pastikan bahwa mesin scanner dalam kondisi ‘on’
-Klik start
           C. Mengoperasikan Program Omnipage Pro
  
Lngkah- langkah untuk mengoperasikan program Omnipage Pro adalah sebagai berikut:
1.Hidupkan scanner
2.Buka program Omnipage Pro dengan cara klik start> all programs> caere applications>[ Omnipage Pro].
3. Langkah selanjutnya siapkan dokumen yang ingin di-scan, masukkan ke dalam perangkat scanner. Pastikan dokumen yang di-scan termasuk bersih, tidak kotor dan buram. Hiruf tulisan diusahakan hitam dengan putih serta menggunakan font standar ( times, arial dan sebagainya),dengan ukuran sekitar 12 poin atau lebih. Pilih icon scan image, lalu klik scan.
4. Selanjutnya klik icon OCR and Proof
5. Tunggu hingga terjadi proses recognizing
6. Sekarang kita dapat mengedit teks tersebut, karewna teks hasil scan tidak seratus persen bersih sepertidokumen asliny, kadang ada beberapa kata yang salah.
D. Menyimpan Halaman yang di- scan
Setelah selesai mmbaca proof semua halaman yang di-scan, Omnipage  akan menimpan file halaman yang telah di-scan:
1.       Tulis nama file pada kolom file name
2.       Pilih format penyimpanan file yang diinginkan  pada pop- up Save as type, umumnya file disimpan dalam format” doc”.
3.       Temikan sebuah lokasi untuk menyimpan file tersebut dengan cara menelusuri pop-up save in
4.       Klik OK


E. Cetak Hasil Scanning
Setelah teks selesai di-scan  dan diedit menggunakan Microsoft word sesuai denagan yang dibutuhkan, maka selanjutnya dokumen dicetak langkah- langkahnya adalah:
1.       Tekan Ctrl+p atau klik file print
2.       2. Pilih printer yang sesuai
3.       Masukkan halaman yang akan di print pada kolom pages atau bila ingin dicetak seluruh halaman maka pilih all pada radio button.


4.       Print


Tidak ada komentar:

Posting Komentar